Agar Kami dapat membantu Anda dengan lebih baik, silakan hubungi kami lewat WhatsApp. Klik Disini

Data sejarah pembuatan patung pembebasan irian Barat

Patung Indonesia | Jasa Pembuat Patung | Info Patung | Indonesia | Dunia | Unik | Aneh | sejarah Patung | Pembuatan patung untuk seluruh Indonesia.
Data sejarah pembuatan patung pembebasan irian Barat. Waterlooplein yang dalam bahasa Belanda plein berarti lapangan yang sekarang dikenal dengan nama lapangan banteng yang terletak tidak jauh dengan gereja Katedral Jakarta.Ditengah - tengah lokasi lapangan banteng terdapat patung bersejarah yang menjulang tinggi dan gagah yang dinamakan monumen patung pembebasan irian barat.

Patung yang dibangun pada tahun 1962 ini ide dasarnya berasal dari Presiden RI yang pertama Soekarno dan diterjemahkan dalam bentuk sketsa oleh Henk Ngantung yang merupakan Wakil Gubenur DKI Jakarta saat itu.  Pembuatan patung pembebasan irian barat memakan waktu kurang lebih 12 bulan. Monumen patung pembebasan Irian Barat diresmikan pada tanggal 17 Agustus 1963.

 patung pembebasan irian Barat
gambar sketsa patung pembebasan irian barat

Pada tahun 1962 bangsa Indonesia sedang berjuang untuk membebaskan Wilayah Irian Barat/irian Jaya yang sekarang dikenal dengan Papua. Atas dasar solidaritas dengan para saudara saudara kita yang tengah berjuang untuk membebaskan wilayah Irian barat Presiden Soekarno menggerakan tekad para pemuda di seluruh indonesia untuk membantu warga Irian Barat yang tengah berjuang untuk membebaskan diri dari belenggu penjajahan belanda melalui pidatonya di yogyakarta yang kemudian dijakarta dibuat patung pembebasan Irian Barat pada tahun 1962 yang lokasinya berada di lapangan banteng dekat dengan gereja katedral jakarta,dimana patung pembebasan irian barat menggambarkan seorang laki - laki dengan gagah berhasil memutus rantai yang ada di tangan dan kakinya yang bermakna kebebasan dari belenggu penjajah .

patung pembebasan irian Barat
gambar patung pembebasan irian barat
Data sejarah pembuatan patung pembebasan Irian Barat
  1. Patung pembebasan Irian Barat memiliki tinggi dari kaki kekepala adalh 9 meter sedangkan tinggi keseluruhan sampai ujung tangan mencapai 11 meter
  2. Patung pembebasan Irian Barat dengan tinggi kaki patung 20 meter terhitung dari jembatan sedangkan tinggi dari landasan bawah mencapai 25 meter
  3. Patung pembebasan Irian Barat terbuat dari perunggu yang beratnya mencapai kurang lebih 8 ton
  4. Patung pembebasan Irian Barat dikerjakan oleh team pematung keluarga Arca yogyakarta
  5. Patung monumen pembebasan Irian Barat terletak di lapangan banteng yang merupakan tempat  yang luas dan strategis karena dekat dengan bandara kemayoran pada waktu itu.

Demikian artikel singkat tentang data sejarah pembuatan patung pembebasan Irian Barat yang disadur dari berbagai sumber peninggalan sejarah kota jakarta semoga bermanfaat . 

Anda mencari pembuat patung, pengerajin patung , pembuat patung replika jangan ragu untuk menghubungi K 17 Cipta Karya pematung online terpercaya BUKTIKAN ...!!!!